Selasa, 25 November 2008

Pengaruh Teknologi Komunikasi Terhadaap Budaya

Kehadiran globalisasi membawa pengaruh bagi kehidupan suatu bangsa. Pengaruh globalisasi dirasakan di berbagai bidang kehidupan seperti kehidupan politik, ideologi, ekonomi, sosial budaya, pertahanan keamanan dan lain-lain yang akan mempengaruhi nilai-nilai nasionalisme bangsa. proses globalisasi akan berdampak melampaui batas-batas kebangsaan dan kenegaraan. Hal ini tentunya tidak terlepas dari dukungan pesatnya laju perkembangan teknologi komunikasi. Namun perlu diingat, pengaruh globalisasi dengan dukungan teknologi komunikais meliputi dua sisi yaitu pengaruh positif dan pengaruh negatif. Pada hakikatnya teknologi diciptakan, sejak dulu hingga sekarang ditujukan untuk membantu dan memberikan kemudahan dalam berbagai aspek kehidupan, baik pada saat manusia bekerja, berkomunikasi, bahkan untuk mengatasi berbagai persoalan yang timbul di masyarakat. Teknologi komunikasi tidak hanya membantu dan mempermudah manusia tetapi juga menawarkan cara-cara baru di dalam melakukan aktivitas-aktivitas tersebut sehingga dapat mempengaruhi budaya masyarakat yang sudah tertanam sebelumnya.

Budaya atau kebudayaan adalah kerangka acuan perilaku bagi masyarakat pendukungnya yang berupa nilai-nilai (kebenaran, keindahan, keadilan, kemanusiaan, kebijaksanaan, dll ) yang berpengaruh sebagai kerangka untuk membentuk pandangan hidup manusia yang relatif menetap dan dapat dilihat dari pilihan warga budaya itu untuk menentukan sikapnya terhadap berbagai gejala dan peristiwa kehidupan.

Karena perkembangan teknologi komunikasi demikian cepatnya,budaya sering tertinggal oleh kecepatan perkembangan teknologi.

Jadi bagaimana teknologi komuniasi dapat mempengaruhi nilai-nilai yang telah tumbuh di masyarakat dalam suatu bangsa itu sangat tergantung dari sikap masyarakat tersebut. Seharusnya, masyarakat harus selektif dan bersikap kritis terhadap perkembangan teknologi komunisai yang berkembang sangat pesat, sehingga semua manfaat positif yang terkandung di dalam teknologi komunikasi mampu dikembangkan agar mampu membantu dan mempermudah kehidupan masyarakat, dan efek negatif dapat lebih diminimalkan.

Tidak ada komentar: